Radio Online LPMAK
Media Sosial Kami
Twitter LPMAK

LPMAK Fanpage

Biro Kamoro Dukung Budidaya Kepiting Bakau di Kampung Keakwa Lama

LPMAK Timika – Papua | 20 February 2019
Biro Ekonomi Suku Kamoro ketika memberikan bantuan alat tangkap bagi nelayan tradisional Suku Kamoro di Mimika Tengah.


Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) melalui Biro Ekonomi Suku Kamoro pada awal 2019 mendampingi sebuah kelompok budidaya kepiting di kampung Keakwa Lama.

Kepala Biro Ekonomi Suku Kamoro, Agustinus Takati mengatakan, kelompok budidaya ini jelang akhir tahun 2018 membawa proposal usaha kepada Biro Kamoro. Selanjutnya Biro Kamoro meninjau langsung aktivitas kelompok budidaya tersebut, Sehingga biro memutuskan bahwa kelompok ini layak untuk mendapat modal kerja.

“Biro melihat bahwa mereka punya semangat untuk menjalankan usaha. Kami meninjau langsung ke Kampung Keakwa, di sana mereka telah membuat empat tambak. Dari survei dan analisa, Biro menganggap mereka layak untuk diberi bantuan,” ungkap Agustinus di sela-sela acara Sosialisasi Renstra LPMAK 2018-2023 di Hotel Horison, Rabu (23/1).

Buah dari semangat kelompok budidaya kepiting di Keakwa Lama, Biro Suku Kamoro pun menyediakan satu buah fiber dan johnson untuk operasional mencari bibit kepiting di hutan bakau Kekwa. Sehingga bisa menambahkan produktifitas kelompok budidaya yang ada.

“Pendamping kami akan memantau proses budidaya ini,” kata Agustinus.

Agustinus berharap, apa yang sudah dikerjakan oleh kelompok budidaya kepiting yang ada di kampung Kekwa Lama bisa ditiru oleh masyarakat kampung lain. Pasalnya potensi kepiting di wilayah Pesisir Mimika masih sangat bagus.

Sementara itu, Pendamping kelompok Budidaya Kepiting Keekwa Michael mengungkapkan, saat ini untuk pemasaran hasil budidaya kepiting masih diserahkan kepada Grosir LPMAK yang kemudian Grosir yang akan memasarkan kembali. Dengan melihat keberhasilan dan keuntungan dari usaha budidaya kepiting, Michael menuturkan, Ia siap mendukung Biro Suku Kamoro dalam mendampingi masyarakat kelompok budidaya kepiting di kampung lain. (Margye J Waisapy)


SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.lpmak.org
Facebook : lpmak
Twitter : @lpmak_
Website: lpmak.org
Peta Lokasi