Radio Online LPMAK
Media Sosial Kami
Twitter LPMAK

LPMAK Fanpage

LPMAK Serahkan Dua Aset kepada YCTP

LPMAK Timika – Papua | 30 October 2018
Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang menyerahkan berkas serah terima aset kepada Direktur YCTP, Yopi Kilangin disaksikan oleh Wase Pendidikan Kesehatan, Vebian Magal dan Direktur RSMM, dr Eny (kanan).


Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) menyerahkan dua asetnya berupa gedung klinik pelayanan BPJS Kesehatan dan ruang jenazah kepada pihak Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP).

Penyerahan tersebut ditandai dengan penandatanganan surat penyerahan oleh Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang dan Direktur YCTP, Yopi Kilangin di Timika, Kamis (3/5).

Dua aset yang dibangun di kompleks Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) tersebut selanjutnya akan difungsikan oleh pihak RSMM untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Mimika.

Direktur YCTP, Yopi Kilangin mengatakan secara khusus dengan adanya klinik yang digunakan untuk pelayanan pasien BPJS Kesehatan maka RSMM terbuka untuk semua masyarakat, bukan hanya terbatas pada tujuh suku saja.

Yopi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak LPMAK yang mendukung RSMM dengan telah membangun dua gedung yang diserahkan untuk membantu pelayanan kepada masyarakat.

RSMM sejak Januari 2018 telah melayani pasien peserta BPJS Kesehatan.

Untuk mendukung program pemerintah tersebut maka dibangun klinik yang selanjutnya jika pasien bersangkutan dimungkinkan untuk dirujuk maka RSMM sebagai rumah sakit rujukannya.

Sementara Abraham Timang menga-takan bahwa RSMM juga harus terus mempromosikan pemberlakuan BPJS Kesehatan sebab masyarakat selama ini tidak terbiasa menggunakan BPJS Kesehatan. Selain itu juga membantu mendorong masyarakat untuk dapat menjadi peserta BPJS.

“Selama ini mau sakit berat atau ringan masyarakat langsung ke rumah sakit tanpa melalui puskesmas yang melayani BPJS Kesehatan, jadi memang harus dipromosikan terus program ini,” ujarnya.

Terkait dengan pengoperasian klinik layanan BPJS Kesehatan, Direktur RSMM dr Eny mengatakan bahwa khusus klinik baru akan dioperasikan pada pertengahan Mei ini sedangkan ruang jenazah sudah difungsikan sebelumnya.

“Sesuai kebutuhan sebenarnya ru-mah jenazah telah difungsikan sebelum penyerahan.  Sementara, dengan diserahterimakan gedung Klinik BPJS ini, diharapkan bisa segera difungsikan, agar secepatnya RSMM dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Mimika pada umumnya dan masyarakat tujuh suku yang merupakan pemilik sebenarnya dari RSMM,” kata Eny.

Klinik BPJS memiliki beberapa fasilitas diantaranya Ruang Rekam Medis, Ruang TPP, Ruang Trase, Laboratorium, Ruang Sampel, empat ruang klinik, Ruang Slopsink, Toilet Difable, Apotek dan Minimarket. Bangunan yang berada tepat di depan gedung utama RSMM ini memiliki halaman parkir untuk kendaraan roda dua dan empat yang cukup luas.

Sementara untuk gedung baru rumah jenazah memiliki tiga kamar jenazah, kantor, satu ruang rias dan satu ruang mandi. Rumah jenazah juga memiliki halaman parkir yang luas dan dapat menampung banyak kendaraan. (ant/ ferdinand iri )


SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.lpmak.org
Facebook : lpmak
Twitter : @lpmak_
Website: lpmak.org
Peta Lokasi