Radio Online LPMAK
Media Sosial Kami
Twitter LPMAK

LPMAK Fanpage

Program ”Jaksa Menyapa” Menjalin Kedekatan dengan Warga

LPMAK Timika – Papua | 18 October 2018


Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika dan Radio Publik Mimika (RPM) milik LPMAK bekerjasama dalam program “Jaksa Menyapa”. Program siaran ini bertujuan agar masyarakat di Kabupaten Mimika memahami hukum dan pada akhirnya menjadi masyarakat yang sadar hukum. Selain itu Kejaksaan Negeri Mimika dapat menjalin kedekatan dengan masyarakat Mimika.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama ini dilaksanakan pada rabu (24/1) sekaligus lauching program Jaksa Menyapa bertempat di Studio RPM komplek Pusat Pendidikan Terpadu Aklinemuk Kamore (PPTAK) belakang klinik Hadeli Sari Timika.

Program ini akan disiarkan di RPM, FM 102 Mhz setiap hari Sabtu pukul 09.00 hingga 10.00 WIT. Dengan nara sumber seluruh jaksa-jaksa di Kejari Mimika yang akan dilakukan secara bergantian.

Kepala Kejaksaan Mimika, Alex Sumarna mengatakan melalui acara ini masyarakat diharapkan dapat memahami hukum seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum tata usaha dan hukum lainnya yang dilakukan melalui dialog interaktif. “Materi yang akan disiarkan bervariasi sehingga masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan diharapkan dapat memahami hukum yang berlaku,” katanya.

Selain itu, Kajari menjelaskan, dialog interaktif “ Jaksa Menyapa” merupakan  sebuah program nasional yang diinstruksikan langsung oleh Jaksa Agung RI sejak 18 Januari lalu dan ditindaklanjuti oleh seluruh kejaksaan di daerah-daerah.

“Jaksa Agung sudah bekerjasama dengan LPP Radio Republik Indonesia dan ditindaklanjuti ke daerah-daerah. Berhubung di Timika tidak ada RRI, jadi kita jalin kerjasama dengan Radio Publik Lokal yang  ada yaitu Radio Publik Mimika,” katanya.

Sementara itu, Konsultan RPM mewakili manajemen Lembaga pengembangan masyarakat amungem dan Kamoro (LPMAK),  Drs. Alex Siahainenia, MM dalam sambutannya mengatakan RPM sangat menyambut baik program dialog interaktif “Jaksa Menyapa”. Menurutnya, program tersebut sangat penting bagi masyarakat yang awam dengan hukum.

“Dalam kegiatan seperti ini, aka ada interaksi langsung anatara masyarakat dan nara sumber untuk melakukan sesi tanya jawab dan tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat yang awam tentang hukum,” jelasnya.

Nota kesepahaman bersama ini ditandatangani oleh Kepala Kejaksaan Negeri Timika, Alex Sumarna dan Konsultan RPM Drs Alex Siahainenia, MM. disaksikan oleh Pts. Kepala Biro Humas, Miskan dan Kasi Intel Kejari Mimika, Yasozisokhi Zebua, SH. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh Jaksa dan staf yang ada di Kejari Mi-mika. Launching dan Penandatangan ini disiarkan secara langsung oleh Radio Publik Mimika. (miskan)


SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.lpmak.org
Facebook : lpmak
Twitter : @lpmak_
Website: lpmak.org
Peta Lokasi