Home > Articles > Selama ini Pelajar SMK Magang di LPMAK

LEMBAGA Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) selama ini melayani para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk melakukan magang kerja, atau praktek kerja lapangan di lembaga swasta tersebut.

Guru Koordinator Program Magang SMK Petra Mimika, Yance Gobai mengatakan program magang siswa SMK Petra dimulai sejak tahun 2011. “Sejak tahun 2011 sampai sekarang (2016), LPMAK menerima siswa magang menurut paket. Satu paket terdiri dari tujuh sampai delapan orang untuk magang di LPMAK, sesuai jurusan atau bidang pelajaran yang diajarkan di sekolah,” ungkap Yance Gobai baru baru ini.

Selain itu, SMK Tunas Bangsa Mimika juga menyalurkan siswasiswi untuk magang di LPMAK. Erni, salah satu guru pendamping siswa magang di SMK Tunas Bangsa Timika mengatakan, selama periode Juli – Oktober 2016 menyalurkan delapan siswasiswi untuk magang di LPMAK.

“Untuk siswa magang ke LPMAK, ini (2016) merupakan tahun ke-3. Setiap tahun kami mengirimkan anak-anak sesuai jurusan dan bidang agar magang di LPMAK dan kantor, instansi serta perusahaan-perusahaan yang terdapat di kota Timika,” jelas Erni.

Siswa yang dimagangkan ke sejumlah tempat, perusahaan perkantoran dan instansi terkait di Mimika, sesuai dengan program pendidikan di sekolah asal.

ke-19

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Program magang ke LPMAK maupun ke perusahaan, perkantoran lain di Timika ini mendukung praktek akademik di sekolah (SMK). Bermanfaat bagi peserta magang itu sendiri, karena setiap peserta mendapat sertifikat magang dari tempat kerja,” ujar Yance, yang juga merupakan guru di SMK Petra itu.

Paket siswa magang terhitung dua kali setahun di LPMAK. Awal dan akhir tahun, berasal dari dua sekolah kejuruan, SMK Petra maupun SMK Tunas Bangsa di Mimika. Setiap siswa magang, diberikan sertifikat diakhir periode waktu magang, agar dipergunakan sesuai kebutuhan sekolah maupun kepada pelajar selanjutnya.

Program tersebut, menurut Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) LPMAK, Yohan Zonggonau, merupakan hubungan kerjasama tak terikat, terutama dengan dua lembaga pendidikan kejuruan tingkat menengah di Kota Timika, Papua.

“Relasi magang ini saling menguntungkan kedua pihak. LPMAK maupun pihak sekolah (SMK) dapat membantu program akademik yang dijalankan, yaitu magang ke sejumlah tempat, termasuk kita di LPMAK,” ujar pimpinan SDM di LPMAK itu.

Setidaknya tercipta relasi mutualisme. Saling menguntungkan antara pihak sekolah maupun pihak lembaga. Bagi siswa-siswi magang maupun pihak sekolah (kejuruan) mendapatkan jasa magang, sesuai program kerja akademik di satuan pendidikan tersebut.

Sementara keuntungan bagi lembaga (LPMAK) adalah memperlancar tugas dan pekerjaan rutin di setiap biro atau bagian, terutama administrasi yang mesti diselesaikan dalam melayani masyarakat lokal di Kabupaten Mimika.

Demi tujuan tersebut, siswa magang SMK Petra terhitung sejak tahun 2011 berjumlah 35 sampai 40 pelajar, ditambah SMK Petra berkisar 20 sampai 24 pelajar melakukan magang di LPMAK.

“Sampai saat ini, ada penempatan siswa magang dari SMK Petra Timika sebanyak 6 orang, dan juga sebanyak 8 orang siswa magang dari SMK Tunas Bangsa Timika. Semoga imbalan jasa, saling menguntungkan ini semakin lancar,” ujar pimpinan yang juga mengurusi rekruitmen dan pengembangan karyawan di LPMAK itu. (willem bobi)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*