Home > Articles > Mgr John Philip Saklil Pr : “Bangun Tungku Api di Timika”
BOB_7383

Uskup Keuskupan Timika, Mgr John Philip Saklil Pr berkhotbah di hadapan anak anak asrama dan sekolah Taruna Papua Kabupaten Mimika, Kamis 11 Agustus 2016

Uskup Keuskupan Timika, Mungsinyur (Mgr) John Philip Saklil, Pr berpendapat agar Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) membangun tungku api di Timika Papua.

“Ke depan, LPMAK harus bangun tungku api di Timika,” pesan Uskup John dalam sesi acara pemberkatan Gedung Asrama dan Sekolah Taruna Papua di Kelurahan Wonosari Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Kamis (11/8).

Pesan tersebut berkaitan dengan soal pengelolaan pendidikan oleh LPMAK. Diantaranya, memberikan perhatian terhadap urusan tenaga pendidik dan kependidikan, anak dan pemuda (beasiswa), asrama peserta beasiswa serta pendukung dan kemitraan urusan pendidikan dengan sejumlah lembaga pendidikan.

“Selama ini LPMAK kirim-kirim siswa peserta beasiswa dan bangun pendidikan di luar daerah (luar Papua-red),” pesannya menilai dalam ceremonial yang dihadiri oleh petinggi LPMAK dan PT Freeport itu.

Menurut Pembina Yayasan Pendidikan Tillemans Keuskupan Timika itu, asrama dan sekolah milik LPMAK berperan langsung terhadap perkembangan pendidikan di Timika, Kabupaten Mimika. “Banyak anak yang mendapat perhatian dan bantuan melalui LPMAK, baik biaya maupun sarana dan prasarana pendidikan. Tak kalah dengan pendidikan di luar Mimika,” kesan Pemimpin Gereja Katolik Keuskupan Timika.

“Ke depan, seperti Asrama dan sekolah Taruna Papua, tidak harus tingkat taman kanak-kanak dan SD, tapi juga, LPMAK harus bangun Pendidikan menengah pertama dan lanjut, hingga sampai perguruan tinggi,” jelasnya, mengusulkan kepada petinggi dan pejabat LPMAK-Freeport di Timika.

Lanjutnya, gedung asrama dan sekolah Taruna Papua ibarat tungku api. “Taruna Papua adalah tungku api, silahkan kasi menyala!” pesan Uskup John, yang juga mengelola satu unit lembaga pendidikan milik LPMAK, yakni asrama dan sekolah dasar (SD) Solus Populi Timika, Distrik Kuala Kencana Kabupaten Mimika. (willem bobi)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*