Home > Landas Article > Mencari Konteks Pembelajaran di Mimika

 

guru-kedepan-kan-tanggung-jawab_0

 

 

 

 

 

Sebagian guru dan kepala sekolah dari berbagai jenjang pendidikan di Mimika sudah beberapakali mengikuti pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dilaksanakan Biro Pendidikan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).
Pada Januari 2009, guru dan kepala sekolah dari sekolah pedalaman danse  jumlah sekolah di Timika kembali hadir mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan pendidik di Mimika ini. Konsultan Biro Pendidikan LPMAK, Prof Dr Anita Lie,mengatakan setelah beberapa kali dilaksanakan sudah ada kemajuan yang diperlihatkan oleh para guru dan kepala sekolah ini. 
“Setelah beberapa kali dilaksanakan KTSP, ya berimbang saya mau ngomong yang positif mau pun yang negatif saja ya. Yang positif itu beberapa hal adalah temuan yang menggembirakan yang pertama kami melihat perubahan-perubahan nyata itu memang terjadi di sekolah,” kata Anita Lie.
Menurut Anita Lie, penilaian atas kemajuan para guru dan kepala sekolah itu terlihat ketika tim Biro Pendidikan melihat langsung para pendidik ini memberikan pembelajaran kepada peserta didik di sekolah masing-masing.“Apa yang sudah mereka dapatkan dipembekalan tahap satu itu ketika kami kunjungi kami lihat itu mereka laksanakan. Tetapi tentunya semangat, motivasi dan perubahan ini harus terus dipelihara supaya tidak berhenti,” kata Anita Lie.
Selain itu guru dan kepala sekolah yang telah mengikuti pelatihan KTSP mulai mampu mengembangkan kurikulum pendidikan sesuai dengan koneks daerah Mimika. “Seperti muatan okal untuk pengembangan diri untuk sekolah. Dari contoh-contoh yang kita

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*