Home > Landas > Guru Kontrak Diterima Masyarakat

Untuk meningkatkan mutu pen-didikan dasar di daerah Mimika, Lembaga Pengembangan Ma-syarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) telah menunjukkan komitmen melalui rencana strategis pendidikan 2007-2017. Salah satu point terpenting adalah peran LPMAK dalam upaya peningkatan Sum-ber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Mimika melalui pendidikan.
Dalam konteks itu, LPMAK menyadari bahwa investasi jangka panjang, guru dan buku pelajaran memegang peranan penting bagi peningkatan mutu SDM.
“Karena itu Biro Pendidikan LPMAK memprakarsai program pengadaantenaga guru kontrak bekerjasama dengan Keuskupan Timika berikut pen-gadaan sarana prasarana dalam bentukbuku pela jar an bagi guru dan murid,” jelas Staff Biro Pendidikan LPMAK, Joice Erakipia ketika melakukan moni-toring terhadap para guru kontrak di wilayah pesisir Mimika.
Monitoring itu bertujuan mengetahui sejauhmana para guru kontrak yang didanai LPMAK melalui Keuskupan Timika memberikan manfaat dan dampaknya pada peningkatan mutu pendidikan. Selain itu hendak menghimpun informasidari masyarakat tentang dampak dari keberadaan tenaga guru kontrak di kam-pung-kampung.
Bersamaan dengan monitoring, biro pendidikan juga mendistribusikan saranadan prasarana (buku pelajaran) ke lima Sekolah Dasar di wilayah pantai dan duasekolah di Akimuga.
Tim monitoring terdiri atas dua kelom-pok. Kelompok pertama melakukan monitoring di wilayah pesisir sedangkan kelompok lainnya di wilayah Akimuga.
Sejumlah guru kontrak yang ditemui Tim Monitoring Biro Pendidikan LPMAK mengungkapkan, sejak mereka bertugas di kampung-kampung wilayah pesisir, banyak suka duka yang dialami. Teruta-ma masalah kesadaran anak dan orang tua mengenai pentingnya pendidikan.
“Memberikan pemahaman kepada para orang tua membutuhkan kesaba-ran. Kadang kami stress juga namun semua itu sudah menjadi komitmen untuk membangun masyarakat lewat dunia pen didikan sehingga apapun permasala-hannya harus mampu dijalani,” ujar Maria Goreti Bhebhe yang bertugas di Kampung Ipaya, Distrik Mimika Barat Tengah.
Meski demikian mereka sangat senang karena kehadirannya bisa diterima masya-rakat di kampung-kampung.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*