Home > Articles @en > Pelatihan Amungme, Langsung Buka Rekening Usaha

Sekitar 30-an kelompok usaha baru Binaan Biro Ekonomi Suku Amungme Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) membuka rekening buku tabungan usaha periode Tahun 2016 melalui Bank Cimb Niaga di Kota Timika Papua, Selasa (20/9).

Sekitar 30 kelompok usaha milik masyarakat Suku Amungme di Kabupaten Mimika mendapat bantuan dana untuk menjalankan kegiatan usahanya (Bobi, September 2016)

Sekitar 30 kelompok usaha milik masyarakat Suku Amungme di Kabupaten Mimika mendapat bantuan dana untuk menjalankan kegiatan usahanya (Bobi, September 2016)

“Tahun (2016) ini, kita buka rekening usaha baru sekitar 30an. Mereka berasal dari berbagai kelompok jenis usaha,” terang Yafet Beanal, Kepala Biro Ekonomi Suku Amungme di LPMAK, usai memberikan arahan mengenai aturan dan mekanisme menyaluran bantuan program dana bergulir LPMAK.

“Program dana bergulir ini memiliki aturan dan mekanisme. Tidak sembarangan, juga tidak pakai rekomendasi atau memo dari siapa-siapa,” tegas Yafet kepada peserta pembekalan usaha binaan kelompok Biro Amungme tahun 2016 yang berlangsung di pelataran Multi Purpose Community Center (MPCC) di Timika Papua itu.

Lanjutnya, pemodalan dana usaha kepada masyarakal lokal dengan batas dana usaha Rp 30juta tersebut, tergantung kepada keaktifan pemilik usaha. “Seperti bayi, kalian harus kasi susu supaya jadi besar, mandiri dan ke depan menjadi pengusaha atau pedagang mandiri,” tegasnya kepada cikal bakal pengusaha lokal tersebut.

Berdsarkan cataran perkembangan kelompok usaha dana bergulir, selama ini adapula kelompok yang gagal, sebaliknya juga sukses. Beberapa diantaranya berkembangan menjadi calon usaha mandiri di beberapa jenis usaha.

LPMAK bekerjasama dengan pihak bank tertentu. Setiap biro ekonomi di LPMAK, terdapat tujuh biro ekonomi asal suku.

“Untuk kerjasama Bank Niaga dengan LPMAK sejak tahun 2007. Sampai sekarang sebanyak 658 kelompok usaha kita (Bank Cimb Niaga) tangani,” paparnya. (willem bobi)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*