Home > Landas > Biro Ekonomi Lembaga Pengembangan

Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK) terus membenahi pola dan pendekatan ke  pada kelompok swadaya masyarakat (KSM). Sebelum periode 2003 pembinaan kepada usaha perekonomian masyarakat lebih banyak dilakukan dalam bentuk bantu-an permodalan kepada ribuan kelompok usaha perekonomian masyarakat lokal.
“Tetapi setelah dievaluasi bantuan dana itu belum banyak memberikan perubah-an yang berarti karena bantuan modal itu habis dipakai untuk membeli kebutuhan lain dan bukan untuk modal usaha,” kata Wakil Sekretaris Eksekutif III LPMAK, Yo-ha  nis Arwakon.
Untuk meningkatkan kualitas bantuan dan pembinaan KSM binaan, Biro Ekonomi LPMAK kemudian mengubah pola pembinaan melalui program bantuan permodalan dengan sistem dana bergulir. Selain itu kualitas pengawasan program dan pen-dampingan juga terus ditingkatkan.
Program dana bergulir adalah bantuan permodalan kepada kelompok-kelompok usaha perekonomian masyarakat dalam bentuk modal dan peralatan. Setiap KSM penerima bantuan dana bergulir wajib mengembalikan bantuan modal usaha ke rekening kelompok di lembaga perbankan yang sudah disepakati.
Untuk itu Biro Ekonomi LPMAK juga menjalin kerjasama dengan semua lembaga perbankan yang ada di Kabupaten Mimika, dalam hal mengelola dana usaha perekonomian masyarakat. Hingga akhir 2009 sedikitnya tercatat sudah Rp 2 miliar modal usaha ekonomi yang sudah dikembalikan sejumlah KSM ke rekening bank masing-masing kelompok.
Dalam sosialisasi Yohanis Arwakon juga menjelaskan sejumlah persoalan yang sering dihadapi para pendamping la  pangan Biro Ekonomi LPMAK. “Karena itu kami lebih tingkatkan pendampingan, monitoring juga ditingkatkan. Dan satu hal lagi yang sedang kami lakukan adalah mengubah pola pikir masyarakat terutama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mempertanggungjawabkan usaha perekonomian yang dilakukan,” kata Yohanis Arwakon.
Biro Ekonomi LPMAK juga menjalin kemitraan dengan lembaga lain yang peduli pada pengembangan usaha perekonomian masyarakat. “Untuk masyarakat pesisir kami menjalin kemitraan dengan Keuskupan Timika, melalui Koperasi Maria Bintang Laut,” kata Yohanis Arwakon dihadapan Wakil Bupati Mimika Abdul Muis dan se-jumlah kepala dinas dilingkungan Pemerin-tah Daerah Mimika. 

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*